Blog

CLASSIC LIST

Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
Kunjungan ke KPJ Selangor
21/Oct/2019

Untuk meningkat ilmu dan kualitas pelayanan, RSIA Eria Bunda mengunjungi salah satu Rumah Sakit yang berada di Selangor, Kuala Lumpur yaitu KPJ Hospital. Dimana KPJ Hopital merupakan Rumah Sakit Umum yang pelayanannya begitu lengkap. Terimakasih untuk KPJ Hospital Selangor yang telah begitu ramah dan juga untuk ilmu yang diberikan selama kunjungan.


WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (5)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (6)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (7)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (1)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (2)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (3)
WhatsApp Image 2019-08-17 at 19.06.07 (4)
19/Aug/2019

Pada HUT RI 74 Tahun ini RSIA Eria Bunda kali ini mengadakan sebuah acara penyuluhan ANC beserta seputar tanya jawab segala yang berhubungan dengan kehamilan untuk Bunda-Bunda yang sedang mengantri antrian pemeriksaan kehamilan dan juga pasien umum lainnya. Tidak hanya itu saja, semua Bunda yang melahirkan pada tanggal 17 Agustus juga mendapatkan kado menarik tentunya.


9-tanda-miss-v-bermasalah.jpg
21/May/2019

Sebagai wanita, sudah semestinya kamu memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan miss V, hanya saja terkadang ada saja alasan untuk enggan bagi kamu merawatnya yang berdampak pada ketidakseimbangan kondisi miss V kamu.

Hal-hal kecil ini kerap terjadi seperti membersihkan area kewanitaan dengan benar dan tuntas setelah buang air atau malas mengganti pembalut, tidak segera atau malas mengganti pakaian dalam yang lembab dan sebagainya. Bila kerap dibiarkan sesering mungkin, infeksi akan terjadi tidak hanya pada miss V, melainkan dapat merambat pada rahim hingga pinggul. Berikut beberapa evaluasi yang mungkin dapat kamu cermati sebagai seorang wanita.

1. Keluar keputihan kental

Keluarnya lendir berwarna jernih adalah hal yang wajar, tapi bila keputihan yang kamu alami kental apalagi ditambah dengan rasa gatal, kamu harus waspada. Gejala ini pada umumnya terjadi dampak infeksi dan terganggunya keseimbangan pH pada miss V. Infeksi ini juga dapat terjadi karena menggunakan pakaian yang terlalu ketat, diet yang buruk dan lainnya.

2. Segalanya berbeda setelah malahirkan

Sehabis melahirkan pada umumnya adalah rasa nyeri saat berhubungan seks. Hal berikut berhubungan pada otot lantai pelvis kamu. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan terapis dan mengikuti latihan untuk memperkuat oto pelvis dan kesehatan miss V.

3. Tercium aroma tak sedap

Miss V memiliki aroma dengan ciri khas tersendiri, namun bila kamu mulai mencium aroma yang berbeda dan tidak sedap, maka kamu wajib berhati-hati. Besar kemungkinan adanya bacterial vaginosis, dimana Kondisi terganggunya keseimbangan flora normal pada Miss V yang biasanya juga ditandai dengan keputihan berbau tidak sedap.

4. Sulit menggunakan tampon

Jika kamu merasakan kesulitan menggunakan atau memasukkannya, itu tandanya ada yang kurang benar pada miss V kamu. Pada umumnya terjadi adalah kista, jaringan miss V yang berlebihan atau otot vagina yang sedang tegang. Kejadian ini mesti kamu konsultasikan pada Dokter untuk mendiagnosa dan penanganan yang tepat.

5. Menggunakan tampon terlalu lama

Menggunakan pembalut terlalu lama pada saat menstruasi itu kurang baik bagi kesehatan miss V kamu, pastikan mengganti tampon atau pembalut setiap empat hingga delapan jam. Hakikatnya bakteri menyukai kondisi ini dan dapat membuatnya berkembang sangat baik untuk menginfeksi kamu.

6. Nyeri saat berhubungan seks

Selain kondisi miss V kamu kurang licin, nyeri mungkin juga disebabkan oleh ISK, infeksi ragi atau infeksi miss V oleh bakteri. Jika nyeri yang kamu rasakan ini berlangsung terus menerus disaat lubrikasi sudah maksimal, kamu harus memeriksakannya pada Dokter, karna seks itu menyenangkan bukan menyakitkan.

7. Terlihat merah dan bengkak

Kondisi ini cukup beragam seperti kista, infeksi atau adanya penyakit menular seksual. untuk memastikannya lebih tepat anda wajib berkonsultasi pada Dokter dan mengikuti perawatan yang disarankan.

8. Sering terkena ISK

Lupa membuang air kecil setelah melakukan seks, tidak mandi setelah beraktifitas yang membuat keringat berlebih, dan membiarkan area miss V lembab dengan waktu yang lama dapat meningkatkan resiko terserang Infeksi Saluran Kemih (ISK). Untuk mencegahnya lakukan hal-hal yang sebaliknya dari kebiasaan tersebut agar terhindar. Dan bila kamu sudah mengalami ISK, konsumsilah antibiotik dari Dokter dan jangan malu untuk berkonsultasi.

9. Miss V kering

Secara umum kondisi ini tidak terlalu mengkhawatirkan, tapi miss V kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman maupun saat berhubungan intim. Penyebab ini kemungkinan berupa reaksi alergi, efek penggunaan pil KB dan lainnya. Walau tidak terlalu mengkhawatirkan biasakan jangan malu berkonsultasi pada Dokter kamu ya.

Menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V sebenarnya tidak begitu sulit apalagi organ tersebut dapat melakukan self cleaning. Hanya saja bila sudah terlanjur adanya gangguan, kamu harus melakukan sedikit usaha berlebih untuk mengembalikan kembali sehat dan bersih.


logo copy copy

Rumah Sakit Ibu dan Anak Eria Bunda Pekanbaru berdasarkan Kepmenkes RI No. HK.03.05/I/1715/11 menjadi RS Khusus Kelas C, pada 07 Juli 2011 serta telah Terakreditas Perdana SNARS Edisi 1 oleh KARS pada Tahun 2018, dmn saat ini memiliki kapasitas 88 tempat tidur untuk rawat inap kebidanan & kandungan, anak serta NICU/PICU/HCU.

Cakupan layanan kesehatan yang diberikan oleh RSIA Eria Bunda Pekanbaru meliputi instalasi gawat darurat, poliklinik rawat jalan, instalasi farmasi, rawat inap, HCU, ICU, NICU, PICU, instalasi gizi, laboratorium dan penunjang medis lainnya.

Copyright © RSIA ERIA BUNDA 2019